Beberapa Langkah Mencegah Virus Corona - LidzNews
News Update
Loading...

Friday, October 2, 2020

Beberapa Langkah Mencegah Virus Corona


Corona virus sudah menyerang ribuang orang bahkan ratusan korban jiwa di berbagai negara. Agar terhindar dari penyakit infeksi wabah ini, Penyebab dari wabah ini pertama kali berasal dari negara China yang terjadi di kota Wuhan, infeksi viruscorona disebut dengan COVID-19 ada beberapa cara yang bias anda lakukan untuk mencegah penularan virus corona.

Langkah mencegah penularan virus corona, virus yang sekarang inin berasal dari hewan, contohnya seperti kelelawar, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan pada antarmanusia mungkin sangat besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.

Ketika seseorang terinfeksi dengan virus corona, akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, untuk beberapa hari setelahnya, orang yang sudahnterinfeksi virus corona bisamengalami gejala sesak napas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).

Hingga saat ini juga, belum ada pengobatan atau vaksin yang dapat menyembuhkan infeksi virus corona ini. Oleh karena  itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau untuk masyarakat tidak memandang remeh dan sebelah mata soal penyakit ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan. Salah satu yang dapat diterapkan adalah dengan cara social distancing.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah wabah virus corona, di antaranya:

1. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar urutannya adalah cara yang paling sederhana untuk mencegah penyebaran virus corona. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik untuk melakukannya. Pastikan seluruh bagian tangan anda tercuci dengan benar sehingga dapat  bersih dan kinclong, termasuk punggung tangan anda, dan pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku juga. Setelah itu keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau juga bisa menggunakan mesin pengering tangan. 

Jika anda seorang pekerja komuter yang berada di dalam trasnportasi umum, maka akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Maka dari itu anda bisa membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alcohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman yang ada ditangan.

Cucilah tangan dengan secara teratur, terutama sebelum anda makan dan sesudah makan, setelah pergi dari toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga sangat penting dilakukan sebelum melakukan menyusui bayi atau memerah ASI.

2. Menggunakan masker

Banyak yang menggunakan masker kain tipis untuk mencegah infeksi virus corona, padahal masker tersebut belum tentu efektif untuk mencegah, secara umum, ada tiga tipe masker yang bisa anda gunakan untuk mencegah penularan wabah ini dengan menggunakan masker bedah, masker N95 atau masker kain yang lapisannya ada 3.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum di gunakan. Masker ini juga mudah ditemukan dibeberapa supermarket atau apotik terdekat, harganya pun terjangkau cocok di dompet, dan pasti nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Ada cara pakai yang benar untuk menggunakan masker bedah atau medis ini dengan benar adalah kalo sisi yang memiliki warna pada masker harus menghadap ke luar, sedangkan sisi dalamnya yang berwarna putih dipakai menghadap ke wajah dan menutupi bagian dagu, hidung, dan mulut. Pastikan sisi yang ada berwarna putih itu terbuat dari bahan material yang bisa dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara agar aman terhindar dari virus. 

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun apa salahnya menggunakan masker untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona ini.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Kita juga harus menjaga daya tahan tubuh yang kuat agar dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk anda yang ingin dapat menjaga dan meningkatkan imun daya tahan tubuh, anda disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Jika anda sudah bosan mengonsumsi makanan yang anda masak sendiri, anda bisa membeli makanan siap saji atau makanan di restoran melalui layanan pesan antar, namun pastikan makanan yang anda beli bersih dan sehat. Bila perlu, anda juga menambah konsumsi suplemen sesuai yang di anjurkan oleh dokter.

Beberapa ada informasi menyebutkan bahwa berjemur di bawah sinar matahi juga dapat mencegah infeksi virus tersebut.

4. Menerapkan physical distancing dan isolasi mandiri

Pembatasan jarak atau physical distancing adalah salah satu langkah penting untuk memutus mata rantai infeksi penyebaran virus coronaa. Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara tidak berpergian keluar rumah, terkecuali ada keperluan seperti mendesak atau penting, seperti berbelanja bahan makanan atau berobat ketika sakit, atau kerja. Pembatasan jarak fisik juga dilakukan dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan selalu menggunakan masker ya.

5. Menjaga kebersihan rumah dan melakukan disinfeksi secara rutin

Selain kebersihan diri, anda juga harus menjaga kebersihan rumah juga sangat penting dilakukan selama pendemi COVID-19 berlangsung. Hal ini dikarenakan virus corona tersebut terbukti dapat bertahan hidup selama berjam-jam dan bahkan berhari-hari di permukaan suatu benda.

 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done