8 Cara untuk Menurunkan Asam Lambung - LidzNews
News Update
Loading...

Saturday, July 16, 2022

8 Cara untuk Menurunkan Asam Lambung

 

LIDZNEWS.COM - Minum obat sudah menjadi perawatan asam lambung yang paling standar, tetapi tetap ada beberapa cara yang bisa menurunkan asam lambung, Misalnya, hindari makanan yang bisa memicu asam lambung, makan yang terlalu berlebihan, makan lebih banyak serat, jangan makan sebelum, makan perlahan saja tidak perlu cepat-cepat, jangan merekok, dan kenakan pakaian yang longgar, saat tidur tinggikan posisi kepala.

Bila asam lambung tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter terdekat. Ketika asam lambung sedang naik, antasida adalah obat yang paling sering dicari, untuk meredakan asam lambung dengan cepat. Pada kasus asam lambung lebih parah, maka akan diperlukan resep obat yang diberikan oleh dokter untuk mencegah asam lambung.

Walaupun minum obat adalah cara ampuh untuk mengobatinya, tetapi ada beberapa cara pengobatan rumahan yang bisa kamu gunakan untuk meredakan asam lambung. Biar tidak ketergantungan terus-menerus dengan obat.

Ada 7 Cara untuk menurunkan Asam Lambung Tanpa Obat :

Tips ini dikuti dari WebMD, berikut adalah tips-tips sederhana untuk membantu meredakan asam lambung:

  •  Hindari makanan yang akan memicu asam lambung: seperti makanan yang pedas, coklat, asam, bawang, mint, makanan yang berlemak tinggi, atau yang bersantan
  • Makan lebih banyak serat: adalah membantu untuk saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat
  • Atur porsi makan: seperti makan dengan porsi sedikit, tetapi sering makan
  • Jangan makan sebelum tidur: jika sebelum tidur kamu sudah makan, maka tunggu dulu sekitar 2 jam baru kamu bisa tiduran, karena makan terus dibawa tiduran akan menaikkan asam lambung
  • Makan perlahan: makan perlahan saja, tidak perlu terburu-buru
  • Jangan merokok: Meroko dapat mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam lambung, jadi, berhentilah meroko jika mau asam lambung nya sembuh
  • Kenakan pakaian yang longgar: Pakaian yang ketat akan memberikan tekanan tambahan pada perut
  • Tinggikan kepala: Tumpuk beberapa bantal dibawah tempat tidur agar kepala sekitar 6 inci lebih tinggi

Selain tips-tips tersebut, ada beberapa tips lainnya yang dapat dipercaya untuk menurunkan asam lambung. Seperti mengunyah permen karet yang dinilai merangsang produksi air liur, yang merupakan untuk penyangga kumatnya asam ditambah lagi, mengunyah permen karet membuat seorang lebih sering menelan, sehingga dapat mendorong asam-asam jahat itu keluar dari kerongkongan. Meski begitu, hal tersebut masih diteliti lebih lanjut lagi.

Jika kamu ingin mencobanya, pilih permen karet yang bebas gula. Permen karet rata-rata mengandung gula yang cukup tinggi yang dapat merusak gigi. Nah maka dari itu selain tips menurunkan asam lambung di atas, apakah kamu tahu mengapa penyakit asam lambung bisa terjadi ? penjelasannya ada dibawab

Penyebab Asam Lambung

Ada beberapa proses yang bisa terjadinya yang mengakibatkan asam lambung dimulai ketika sejumlah kandungan asam lambung mengalir ke kerongkongan atau esofagus. Ada perut yang mengandung klorida, asam yang kuat membantu memecah makanan dan melindungi terhadap patogen seperti bakteri.

Lapisan secara khusus yang disesuaikan untuk melindungi dari asam kuat. Tetapi sayangnya, esofagus tidak memiliki lapisan yang khusus sehingga bisa sensitif terhadap asam. Cincin otot yang disebut dengan sfingter gastroesofagus yang bertindak sebafai katup yang memungkinkan untuk makanan bisa masuk ke lambung dan tidak kembali ke esofagus. Ketika katup lentur, maka isi dari lambung dapat dimuntahkan kembali ke kerongkongan dan mulas pun terjadi.

Itulah informasi dari seputar asam lambung yang perlu kamu ketahui.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done