Berwisata ke Pantai Tanjung Dewa, bisa nyebrang ke Pulau Datu Kalimantan Selatan - LidzNews
News Update
Loading...

Saturday, July 16, 2022

Berwisata ke Pantai Tanjung Dewa, bisa nyebrang ke Pulau Datu Kalimantan Selatan

 


LIDZNEWS.COM – Sambil menikmati libur sekolah, bosan di rumah saja ada rekomendasi tempat wisata pantai yaitu Pantai Tanjung Dewa yang ada di Kalimantan Selatan. Pantai ini cantik memiliki daya tarik tersendiri karena lokasi pantai terletak di dekat Pulau Datu, yang merupakan tujuan wisata religi yang berada di Kalimantan Selatan.

Jika kalian pergi ke Pantai Tanjung Dewa kalian bisa nyebrang ke Pulau Datu memakai perahu. Potensi Pantai Tanjung Dewa sebagai tempat destinasi wisata adalah suasananya yang teduh, nyaman. Sepanjang mata memandang pengunjung bisa menemukan jejeran pohon kelapa dan pohon ketapang yang berada di pinggiran pantai.

Daya Tarik yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Dewa

Kalian bisa melihat pemandangan seperti bukit dipantai tersebut. Dan juga kalian bisa melihat kekayaam alamnya yang berupa ikan laut yang melimpah. Sebagian masyarakat mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Ketika saat musim ikan datang banyak wisatawan yang berkunjung bisa sekalian membeli ikan dan memasaknya di tempat. Ikan segar hasil tangkapan nelayan tentunya akan sangat nikmat disantap dengan keluarga dan teman.

Pemandangan Alam yang hijau memukai ketika masih berada di jalan, jalan menuju Pantai Tanjung Dewa banyak sekali pemandangan hijau dari pepohonan yang ada di sepanjang jalan perjalanan. Hamparan sawah dan ladang juga menjadi spot utama pemandangan yang ada. Dan yang pastinya saat menuju lokasi ada juga banyak bukit-bukit yang tersusun berjajar menambah indahnya pemandangan.

Beberapa pepohonan di tepi pantai juga banyak yang sudah berusia puluhan tahun. Seperti pohon ketapan yang biasanya dimanfaatkan oleh penduduk sebagai bahan pembuatan tinta, bagi yang penggemar ikan hias seperti ikan cupang pasti rela untuk memungut daun kering dari pohon ini.

Di tepi pantai juga ada beberapa perahu nelayan yang berjejer rapi dan bisa dijadikan spot foto yang unik, dan kalian bisa menggunakan perahu tersebut untuk berkunjung ke Pulau Datu  dari lokasi pantai, dengan waktu perjalanan ke pulau datu kurang lebih dari 15 menit saja. Daya tarik dari pantai hits ini adalah letakya yang berdekatan dengan Pulau Datu, dahulu kata masyarakat sekitar Pulau Datu dan Pantai Tanjung Dewa ini berada pada satu pulau. Namun, karena ada pergerakan bumi dan juga perubahan iklam keduanya kini terpisah.

Jika saat pengunjung menyeberangi pantai untuk ke Pulau Datu bisa melihat lumba-lumba yang sedang berenang di sekitarab Pulau Datu jika beruntung, biasanya keberadaan lumba-lumba ini pada musim migrasi dimana lumba-lumba mencari perairan yang lebih hangat.

Lokasi Pantai

Untuk menuju Pantai Tanjung Dewa jika dari Banjarmasin akan menempeh perjalanan sekitar 2 jam 30 menit lamanya, kondisi jalan untuk sampai ke Pantai Tanjung Dewa sudah baik dan juga lancar. Pantai Tanjunng Dewa ini lokasinya berdekatan juga dengan Pantai Batakan.

Jika pengunjung berasal dari kota Pelaihari lokasi pantai berjarak sekitar 40 KM dan bisa ditempuh perjalanan kurang lebih dari 1 jam lamanya. Rute menuju lokasi dari kota Banjarbaru melakukan perjalanan selama 2 jam, dari Bundaran Simpang Empat Kota Banjarbaru belok ke kanan dan kemudian ambil arah Tanjung Dewa. Atau juga kalian bisa menggunakan Google Maps.

Harga Tike Masuk

Untuk masuk ke Pantai Tanjung Dewa cukup terjangkau, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di dekat. Untuk jam buka pantai Tanjung Dewa setiap hari 24 Jam. Selain harga tiket jika wisatawan ingin menaiki perahu untuk pergi ke Pulau Datu dengan biaya sekitaran 150rb untuk berkunjung pulau datu.

 

 


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done