Sinergi Pembelajaran Kondisi Khusus dalam Pembelajaran di Masa Pendemi COVID-19 - LidzNews
News Update
Loading...

Wednesday, September 9, 2020

Sinergi Pembelajaran Kondisi Khusus dalam Pembelajaran di Masa Pendemi COVID-19

 


Indonesia mempunyai ragam tarian dan budaya yang harus kita lestarikan agar karakter bangsa ini semakin kuat kedepannya. Maka dari itu kita harus bersatu seperti bhineka tunggal ika yaitu Berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Jika ada orang yang kesusahan mari saling membantu agar kesulitan bisa diatasi bersama yuk menunju Indonesia maju dengan cara gotong royong membantu dengan sesama.

Sekarang zaman teknologi sudah semakin berkembang jadi untuk belajar di rumah atau dimana pun bisa lewat online kebetulan Kementrian pendidikan kebudayaan mempunyai applikasi belajar online yang berkualitas dan bebas berbayar, fitur-fitur nya pun juga sangat keren. Nama aplikasi tersebut adalah rumah belajar.

Kegiatan webinar ini diselenggarakan oleh pusat penguatan karakter yang di ketuai oleh bapak Hendarman. Untuk nilai karakter yang dapat kita pelajari disini adalah dengan cara komunikasi positif orang tua dan anak agar saat pembelajaran dengan situasi seperti ini anak bisa tetap semangat sekolah online yang tidak tatap muka, agar tetap semangat saat pembelajaran online anak harus menggunakan seragam sekolah dari rumah dan duduk yang rapi seperti sekolah pada umum nya jadi perbedaan dengan sekolah online ini  dengan cara tatap muka saja namun tetap memakai seragam sekolah.

Orang tua bisa memberi masukkan kepada guru misalnya seperti, menyederhanakan pembelajaran, kecakapan hidup, sikap dan karakter siswa, dan perlibatan orang tua. Untuk pembelajaran online juga tidak hanya belajar saja mungkin ada sesi semacam relaksasi reseksi meditasi dan ada sesi bermain juga dengan guru supaya anak tidak gampang bosan.

Peran guru dimasa aktif sekarang pastinya orang tua dirumah akan sangat terbantu sekali namun akan ada konflik dari orang tua yang cerewet karena mungkin ada yang kurang mengerti maka dari itu diperlukan dengan komunikasi positif agar mempermudah dengan pembelajaran media online seperti ini.

Anak-anak saat pembelajaran online juga jangan sampai tertekan atau pun sampai setres karena bisa menimbulkan dampak buruk pada anak. Maka dari itu orang tua saat pendemi ini sangat berperan penting bagi anak-anaknya jadi maka dari itu kita harus melakukan komunikasi positif antar guru dan orang tua agar tidak terjadi konflik bisa dengan memberikan masukkan jika tidak mengerti.

Orang tua mendidikan anak dengan 3 hal yaitu, atitued, pengetahuan, dan skil, dalam situasi apa pun atau kesulitan apa pun 3 hal itu harus mendapatkan perhatian untuk itu orang tua harus bisa juga membantu anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang baik, pengetahuan yang baik, dan mendapatkan skil yang baik berlatih-latih bekerja dirumah mendapatkan atitued dengan sikap yang baik dan di beri teladan yang baik. Masyarakat bisa berperan serta dalam pembentukkan sikap dan pengetahuan dengan sharing fasilitas yang dimiliki.

Kegiatan penumbuhan karakter baik menjadikan anak yang mandiri, melakukan kegiatan-kegiatan pribadi tanpa dibantu orang tua misalnya mandi, atau menyiapkan proses belajar, karena peran orang tua saat anak pembelajaran online itu hanya mengawasi atau memantau saja jika anak  ada yang tidak memahami anak bisa langsung Tanya orang tua dan jika orang tua juga tidak memahami bisa langsung bertanya kepada guru melalui media whatsapp atau lainnya maka dari itu penting nya komunikasi positif bagi orang tua dan anak serta guru. Pembelajaran dalam konsisi khusus ini sebernarnya bisa memberikan pelajaran kepada orang tua.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done