Menikmati Destinasi Wisata di Tahura Mandi Angin Kalimantan Selatan - LidzNews
News Update
Loading...

Saturday, July 16, 2022

Menikmati Destinasi Wisata di Tahura Mandi Angin Kalimantan Selatan

 


LIDZNEWS.COM – Nikmati hari liburan mu ke Tahura Sultan Adam Mandi Angin, adalah sebuah kawasan ecowisaata yang luas tanahnya cukup besar, kalian bisa melihat alam yang indah, penangkaran bintang endemik, serta wisata alam lainnya.

Tempat wisata ini berada di wilayah perbukitan yang membuat udaranya yang sangat sejuk, apalagi kalian sampai puncak bukit tahura, bisa melihat bukit lainnya. Dan saat perjalanan dimana akan melewati pemandangan yang tersaji berupa deretan pepohonan rindang yang berwarna hijau.

Ketika berada di Tahura, banyak sekali destinasi wisata yang kalian dapat kunjungi, kamu bisa mengeksplor banyak tempat yang pastinya menyenangkan dan ada sedikit menantang.

Baca juga Raja Ampatnya Kalimantan Selatan Bukit Matang Keladan

Untuk masuk ke Tahura Mandi Angin, kalian cukup bayar masuknya saja, diperkirakan kurang dari 15.000 untuk satu orang. Tempat wisata ini berada di Kota Banjarbaru, ber-alamat Jl.Cempaka, Kec. Cemp.,. Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Tempat wisata ini meupakan dari Unit Pelaksana Teknik (UPT) dari Dinas Kehutanan Proovinsi Kalimantan Selatan. Untuk nama hutan ini diambil dari Sultan Adan yang memerintah kesultanan Banjar yang berkuasa pada tanggal 3 Juni 1825 – 1 November 1857.

Adapun beberapa wisata yang berada di Tahura Sultan Adam

  • Air Terjun

Tahura Sultan Adam memiliki 3 air terjun yang dapat kalian eksplor

a.      Air Terjun Mandi Angin

Air Terjun yang pertama yang berada di lokasi Tahura Sultan Adam, yang lokasinya cukup mudah dijangkau oleh anak-anak, jadi bisa merasakan segarnya air yang mengalir di air terjun tersebut. Untuk ketinggian Air Terjun Mandi Angin Sekitar 12 meter.

b.      Air Terjun Mandin Putri Kembar

Adapula Air Terjun Mandin Putri Kembar, bentuk dari air terjunnya landai dan terdapat sebuah danau atau kolam yang cukup lebar di bawah air terjun tersebut. Danau terebut biasanya digunakan pendatang untuk bermain air dan berenang, karena tempatnya tidak terlalu ramai seperti di Kolam Belanda.

c.      Air Terjun Tirai Hujan

Selanjutnya adalah Air Terjun Tirai Hujan, yang memiliki ketinggian cukup sekitar 10 meter dengan tebing berundak. Yang lokasinya berada di tengah-tengah bukit. Untuk pergi ke air terjun terebut kamu harus berjalan ekstra untuk menuju lokasi tersebut.

  • Kolam Belanda

Lokasi wisata ini berada di pinggir jalan ketika ingin memasuki wilayah Tahura Sultan Adam dengan ukuran 30 x 50 meter. Biasanya pengunjung memanfaatkan untuk berenang di kolam tersebut. Kolam ini berisikan air yang berasal dari sumber mata air alami, diperkiran dibuat untuk melayani tamu-tamu Eropa pada zaman dahulu. Menurut sejarah yang tercatat.

  •  Benteng Belanda

Selain Air Terjun dan Kolam Belanda, disini juga ada Benteng Belanda, yang masin ada peninggalan Belanda lainnya yang dapat kamu kunjungi. Benteng tersebut merupakan benteng pertahanan tentara Belanda pada masa itu yang berada di ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut. Untuk tiba di Benteng Belanda, kamu bisa melalui jalur yang berliku menuju puncak bukit, untuk lokasinya Benteng Belanda ini sangat strategis, Semakin ke puncak, udara akan bertambah sejuk dengan tiupan angin sehingga memang pantai disebut dengan sebutan Mandi angin

  •  Bukit Tirai Hujan

Bukit Tirai Hujan salah satu tempat favorit pegunjung di Tahura Sultan Adam, yang dimana biasanya sebagian pengunjung memanfaatkan sebagai foto prewedding karena keindahannya. Hal lain juga banyak menarik dari bukit tahura adanya pohon besar yang berada di tengah-tengah bukit.

  • Camping di Pucak Tahura

Pucak Bukit Tahura juga tidak kalah menarik dari lainnya, yang dapat dilakukan ketika berada di Tahura Sultan Adam Mandi Angin menghabiskan waktu bersama alam semalam. Disini tersedia 3 lokasi dimana ada area perkemahan yang letaknya tidak terlalu jauh, dari masing-masing area yang memiliki view alam yang sangat berbeda-beda.

 

 


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done